e-Pelatihan
Profil Pelatihan : Internal Quality Control (IQC) Laboratorium Pengujian Bidang Bahan Jalan
Profil Pelatihan
Kurikulum
Jenis Pelatihan | : T - Teknis |
Bidang Pelatihan | : B - Bina Marga |
Bidang Pekerjaan | : 1 - Jalan |
Jenis Kegiatan | : 01 - Study dan Survey |
Model Pelatihan | : S - Seminar, Lokakarya, Webinar |
Nama Pelatihan | : TB101S - Internal Quality Control (IQC) Laboratorium Pengujian Bidang Bahan Jalan |
Tahun Kurikulum | : 2023 |
Syarat Peserta | : - |
Syarat Pengajar | : - |
Deskripsi | :
Peranan laboratorium sangat menentukan dalam proses pengendalian mutu dan penjaminan mutu dari produk yang dihasilkan. Untuk mencapai keseragaman hasil analisis antar laboratorium dibutuhkan suatu standar yang bersifat internasional yang mencakup sistem mutu dan teknis yang baik, salah satunya adalah standar ISO/IEC 17025:2017 General requirements for the competence of testing and calibration laboratories Selain data yang bermutu, hal yang sama pentingnya adalah bagaimana cara laboratorium memelihara konsistensi keabsahan mutu data yang dihasilkan dari waktu ke waktu, sehingga harus ada sistem penjaminan keabsahan mutu Agar sistem penjaminan mutu bisa dilakukan secara kontinyu, laboratorium harus menetapkan prosedur penjaminan keabsahan hasil pengukuran melalui proses pengendalian mutu yang harus diikuti oleh seluruh personel di bagian yang terlibat dalam kegiatan penjaminan mutu. Saat ini laboratorium belum bisa melakukan uji profisiensi atau uji banding terhadap seluruh ruang lingkup parameter pengujian atau kalibrasi karena masih terbatasnya provider uji profisiensi yang kompeten (skema akreditasi ISO/IEC 17043) |
Tujuan | :
Tujuan diselenggarakannya Pelatihan ini adalah dalam rangka memberikan transfer knowledge terkait pemastian keabsahan hasil uji laboratorium. Pelatihan ini akan memberikan pengakuan secara resmi dari BPSDM berupa sertifikasi, sehingga berimplikasi pada peningkatan nilai Indeks Pengembangan Kompetensi (IPK) Balai Bahan Jalan |
Keterangan | :
-
|
Komposisi Strategi Pelatihan |   - Komposisi Teori | : tidak ada |
  - Komposisi Diskusi | : tidak ada |
  - Komposisi Lapangan | : tidak ada |
  - Kategori | : tidak ada |